[Cerpen] Malaikat Tak Bersayap



“Mama, besok aku pergi ke acara seminar di sekolah ya?”

“Iya, gak apa.”

“Mama, aku ntar perginya bareng temen ya?”

“Iya hati-hati aja.”

“Mama, ntar aku pergi pake rok mini ya?”

“Nggak boleh!!!”

“Tapi, Ma. Sekali ini aja?”

“DANAAAAANG !!!!”

Danang pun lari kencang ke kamar.

Begitulah keseharian Danang. Hidup Danang di penuhi dengan larangan-larangan Nyokap, padahal Danang ingin ngelakuin yang dia ingin. Danang terbilang anak yang patuh dengan orang tua. Salah satunya selalu berpenampilan rapi ketika ke sekolah dengan tampilan rambut belah 2 walaupun panjangnya cuma 1 cm.

Setiap bagi rapot nama dia selalu masuk dalam peringkat 3 besar. Setiap pulang sekolah Nyokap Danang selalu jemput di depan gerbang. Gak ada waktu Danang buat jalan-jalan bareng temen. Danang juga pernah diejek teman gara-gara gak ikut malam keakraban sekolah di puncak Bogor.

Kalo pun Danang bisa jalan sama temen-temen, itu karena Nyokap-nya sedang dinas ke luar kota. Kalo Nyokap ada di rumah, paling Danang harus bohong dulu baru bisa pergi bareng temen. Karena kebiasaan Danang yang selalu nurutin kata Nyokap, Danang di julukin di sekolah sebagai anak mami.

Kebiasaan Nyokap seperti itu tetep terjadi sampai Danang umur 17 tahun. Nyokap Danang emang sosok Mama yang terlalu perhatian kepada anaknya. Beda sama Bokap-nya, yang memberikan kebebasan ke Danang. Tak pelak, Danang lebih banyak meminta apa-apa kepada Bokap-nya.

Ketika Danang sedang ngumpul bareng temen di sekolah. Edo, salah satu temen sekelas ngajakin fun futsal. Satu per satu cowok yang ada di kelas di tanyain sama Edo tentang keikutsertaannya dalam fun futsal.

“Joko, lu siap kan futsal ntar malem?” Tanya Edo kepada Joko yang emang udah jago futsal.

“Siap!”

“Andi, lu bisa?”

“Jangan lu tanya lagi, gue pasti dateng.” Jawab Andi dengan semangat.

Edo melihat ke penjuru kelas. Mata Edo tertuju pada Danang yang berada di pojokkan yang lagi menggulung-gulungkan upil agar menjadi penghapus, “Kalo lu gimana, Nang?”

Danang melihat Edo, upilnya jatuh berserakan.

“Danang, lu ikut gak ntar malem?” Tanya Edo dengan nada tinggi.

“Nggak tau, gue izin dulu sama orang tua.” Jawab Danang dengan tawa kecil.

Sekelas pun tertawa.

“Eh, lu udah gede belum? Masih aja di penjara kayak gitu?” Cetus salah satu anak.

Danang cuma jawab dengan tawa kecil, lalu mengambil lagi upil yang berserakan tadi dan kembali merajutnya agar jadi penghapus.

Bel sekolah pun berbunyi. Anak-anak pergi meninggalkan sekolah. Adit, salah satu sahabat Danang di sekolah mendekati waktu Danang mau masuk mobil.

“Eh, Nang. Ntar malem kalo lu gak bisa futsal gak usah di paksain. Gak usah denger kata anak-anak.” Adit memegang pundak Danang.

“Oke, Dit. Makasih ya.” Jawab Danang, lalu Danang melambaikan tangan ketika mobil meninggalkan Adit.

Ketika di kamar, Danang langsung membantingkan dirinya ke atas kasur. Danang mengambil handphone dari saku celananya. Lalu membuka album foto yang ada di memory handphone-nya. Danang menyadari gak ada foto teman-temannya di album tersebut, gak ada photobox seperti teman-teman dia. Dia sadar kalo waktunya bersama teman-teman sangatlah sedikit. Dia pun kembali teringat kata-kata dari salah satu temannya di kelas tadi. Telinganya masih berdenging ejekan temannya.

“Eh, lu udah gede belum? Masih aja di penjara kayak gitu?”

“ Masih aja di penjara kayak gitu? Masih aja di penjara kayak gitu?"

“Danaaaaang...” Teriak Nyokap Danang dari dapur yang membuyarkan lamunan Danang.

“Apa, Ma?”

“Sini makaaan.”

Danang langsung menuju ke meja makan yang sudah di siapin Nyokapnya.

“Gimana tadi sekolahnya, Nak?” Nyokapnya membuka pembicaraan.

“Asik loh, Ma. Tadi Danang olahraga bisa push up 20 kali dalam waktu 1 menit, yang lain cuma 15 kali dalam 30 detik.”

“Wih, anak Mama jago!”

Danang melihat Mama nya, “Eh, Ma. Aku ntar malem main futsal ya bareng temen-temen kelas.”

“Gak usah, atuh. Malem-malem gak boleh futsal.”

“Tapi Ma, Andi dan yang lain-lain di bolehin sama orang tua nya.” Danang mulai membanding-bandingkan dengan temannya, “Aku juga mau bebas Ma kayak mereka.” Danang berbicara dengan nada yang lebih tinggi.

“Ya udah, kalo kamu emang mau main futsal, silahkan. Nanti Mama anter ya?” Nyokap Danang menjawab dengan tenang.

“Iyaa, Ma.” jawab Danang yang merasa bete karena mau di antar.

Setelah mereka makan malam, Danang terlihat bingung, “Aduh, dimana kaos kaki futsal aku yang gambar mickey mouse ya.” Danang masih sibuk sendiri mencari peralatannya futsalnya, sedangkan mama nya sudah menunggu di dalam mobil.

“Tet.. Tettt..” Bunyi klakson mobil.

Danang keluar dari rumah dengan terburu-buru dan menuju mobil.

Di perjalanan ke tempat futsal, Danang sibuk membalas chat dari temannya yang sudah menunggu Danang di tempat futsal.

“Eh, Nang.” Kata Nyokap Danang. Danang hanya menjawabnya dengan menaikkan kepalanya ke atas.




“Maafin mama ya karena sering ngelarang-larang kamu. Mama cuma khawatir kamu kenapa-napa. Mama takut kamu di khianatin temen ataupun di sakitin orang lain. Sekarang mama sadar kamu sudah gede. Mama gak akan ngelarang kamu lagi, kok. Asal kamu harus bisa jaga diri.” Nyokap Danang menghentikan mobil karena sudah sampai di tempat futsal.

“Iya, Ma. Maafin aku ya tadi udah kesel sama Mama. Mama mau kemana sekarang?”

“Gak apa-apa. Jaga diri kamu ya. Mama sekarang mau pulang.” Nyokap Danang tersenyum.

“Iya, Ma.” Danang langsung lari ke dalam lapangan futsal.

Namun ada rasa penyesalan di dalam diri Danang karena sudah membentak Nyokapnya, “Ah, sudahlah. Ntar pas pulang aku minta maaf sama Mama.” Ucap Danang dalam hati.

Selama futsal, Danang benar-benar menikmatinya. Ternyata Danang memiliki bakat terpendam dalam dunia futsal. Tercatat, dalam pertandingan itu Danang berhasil mencetak 2 gol, 4 asisst, dan 9 bunuh diri. Benar-benar bakat terpendam...

Setelah bermain futsal, Danang sibuk menelepon Nyokap nya untuk jemput dia lagi. Udah 10 kali Danang telepon tapi gak ada jawaban. 1 jam Danang menunggu, dan dia mulai tampak kesal. Dia pun menelepon Bokapnya, dan di angkat.

“Pa, mama kemana sih. Danang nungguin ni dari tadi!”

“Mama lagi di Rumah Sakit Mirana, Nak. Tadi Om Alfi jemput kamu tunggu aja.”

Danang yang bingung, akhirnya cuma bisa diam. Gak berapa lama ada orang yang jemput Danang dan Danang di antar ke Rumah Sakit.

Belum sempat melihat Nyokap-nya. Bokap Danang memeluk Danang.

“Kenapa Mama, Pa?” Danang terlihat semakin bingung.

“Mama tadi kecelakaan waktu mau ngejemput kamu.”

“Terus keadaan Mama gimana, Pa?”

“Mama pulang, Nak” Bokap Danang memeluk erat badan Danang, “Mama udah pulang ke surga.”

Danang diam seribu kata. Danang terlambat meminta maaf atas kesalahan yang sudah dia lakukan. Dia pun berlari ke kamar jenazah dimana Nyokap-nya berada. Ketika Danang melihat jasad Nyokapnya, tangis Danang meledak, "JANGAN PULANG, MAAAA!!"

Namun satu yang membuat dia tersentuh, Nyokap Danang meninggal dalam keadaan tersenyum. Senyuman itu adalah senyuman yang di berikan Nyokap-nya ketika terakhir berpisah dengan Danang. Danang masih ingat jelas itu.

Setelah kejadian itu, Danang merasa kehilangan sosok malaikat tak bersayap yaitu Nyokap-nya. Dia menyadari bahwa mendengar nasihat orang tua itu benar-benar bermanfaat. Sekarang sudah gak ada lagi yang bisa menasihati apa yang akan Danang lakukan. Dia sadar bahwa orang tua selalu memiliki alasan kenapa mereka melarang anaknya. Nyokapnya akan selalu menjadi ingatan di setiap perjalanan hidup Danang. Satu yang akan selalu dipegang teguh oleh Danang dari nasihat Nyokapnya, yaitu “Kamu harus jaga diri, Nak.”

“Selamat Tinggal Mama. Semoga Mama bisa tenang di sana. Aku di sini akan jaga diri seperti kata Mama. Meskipun Mama gak ada di sini, Mama akan selalu ada di hati. Tunggu aku, Ma. Aku nanti pasti akan pulang nyusul Mama.” Danang tersenyum ketika melihat Nyokap-nya di masukkan ke dalam liang kubur.



"Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy"

31 komentar:

  1. Pagi2 udah baca cerita sedih nih... Kasih sayang ibu sepanjang masa, tak terbatas.
    Good job..

    BalasHapus
  2. Ngakak gue sumpah pas nyokapnya teriak DANAAAAANG !!!! setelah danang minta pergi pake rok mini wkwk... nang nang lo yang bener aja ngapa nang -___- hahaha...

    sumpah engga nyangka gue bro, ini tulisan asik banget. dan lo agak tega ya sama pembaca, diatas gue dibikin ngakak dengan gaya penulisan lo, diakhirnya gue nyessss parah.. ibarat lagi pdkt sama cewe, eh cewenya jadian sama yang lain !!! SHITT...

    Lo keren!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Danang siih emang gitu, aneh-aneh ajaa wkwk...

      Wah makasih banyak bro atas apresiasinya. Jujur gue terharu baca komentar luu. Hatur nuhuun :')

      Lo juga keren!!

      Hapus
    2. nanggg nang -____- haha... sami sami atuh a :)

      lo sama gue keren deh biar sama wkwk :D

      Hapus
  3. Duh.. Kenapa jadi endingnya sedih begini? *nangis *ngambil tisu *eh ternyata abis *nangis lebih kejer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tau nii, tiba-tiba aja keketik gitu endingnya *ikutan nagis *ngambil sapu *eh ternyata salah ambil

      Hapus
  4. Rie kamu mah dah atuh cerita awal bikin ngakak belakangnya bikin sedu:'(
    Ada pesan di cerita ini ya rie, selama waktu masih berpihak sama kita, selama Allah kasih kita kesempatan sebelum kereta kita berhenti di stasiun terakhirnya. Kita mesti nurut sama orang tua, patuhi nasihatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. da aku mah apa atuh ciiil :'(
      Beneeer ciill, pesan yang kamu kasih emang pas banget. Kita harus patuh sama nasihat orang tua. Nasihat orang tua adalah saran terindah :)

      Hapus
  5. Ini kamvret banget yak. Ceritanya sedih tapi dikemas dengan gaya komedi. Gue banyakan ngakaknya sih dari pada sedihnya *jahat banget* malahan pas mamanya mati gue masih pengen ketawa ._. *plak

    Ceritanya asik. Gue suka banget gimana cara elo menggabungkan dua gaya yang berbeda. Kan biasanya kalo cerita sedih-sedih itu gak ada lucunya, nah ini, malah awal-awal dibikin ngakak mulu. Tapi hati-hati juga, entar gara-gara terlalu berat di salah satu sisi, malah gak dapet maksimal... hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkk ya kali huud mamanya mati kamu ketawa ._. *plung*

      Komentar lu ini aku baca berkali-kali loh, dan akhirnya gue bales deh.. gue terharuuu hud. thank you banget atas apresiasi yang udah lu kasihh ke gue. gue jadi bisa koreksi tulisan gueee ~
      thank you juga saran yang udah lu kasih, setidaknya kedepan gue lebih pertimbangin yang bakal gue tulis, biar dapet maksimal gituu hehee..

      Hapus
  6. yahh sedihnya danag, iya sih sekarang keinginannya untuk besas terkabul. mamanya udah gak ngelaranglarang danang lagi. Tapi mamanya meninggal... hiks *elap ingus*

    cerpen yang bagus. tulisannya juga udah rapih. gak cuma sebatas cerita, ada terselip pesan moral didalamnya, sip!

    Btw, itu danang bakat terendamnya keren banget ya, bbisa sampe 9 goll bunuh diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, keinginan dia emang udah terkabul, tapi kayaknya Danang bakal nyesel di kemudian, karena gak ada yang ngelarang dia lagi :')

      makasiih yaa.. makasiih hehhe. siiip!

      wkkw dia emang jagooo, jago bunuh dirii~

      Hapus
  7. "Tadi Danang olahraga bisa push up 20 kali dalam waktu 1 menit, yang lain cuma 15 kali dalam 30 detik." ini apa banget:'
    keren ya, ceritanya sedih tapi bisa dikemas dengan gaya komedi. awalnya ngakak, eh pas terakhirnya jadi sedu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya iyaaa, apa bangeet gituu :'
      makasiih Khalda atas apresiasinya. Keep blogging buat kita semua~

      Hapus
  8. Hahaha, opening "Lalu Danang lari ke kamar. Setelah gak dibolehin make rok mini." Buat gue ngakak , Hahah

    Emang danang ini gak berubah2, masalahnya gue kira akhirnya danang akan menemukan jati dirinya menjadi Danang dengan rok mininya. :D

    Keren gaya penulisan lu brohh

    BalasHapus
  9. Ngakak pas danang mau pake rok, soalnya dari awal kirain tokohnya cewek hhe

    Ada satu hal yang bisa di ambil, yaitu ketika Danang sadar telah berbuat salah, tapi dengan entengnga bilang ntar aja minta maaf. Kata ntar aja itu menyesatkan karena bisa bikin menyesal di kemudian hari huhuhu

    Btw gak sinkron banget ya awalnya ngikiq ngikik, eh ujungnya sedih-sedih huhuhu

    BalasHapus
  10. Njirrr, gue kira danang itu cewel, lol.
    Ceritanya menarik, lucu juga, gue yakin danang bakal jago entar kedepannya maen futsalnya. Hahahaha.

    Tapi endingnya, Dooooh.
    Setuju deh, ibu sosok malaikat tanpa sayap.
    Salam kenal kang :))

    BalasHapus
  11. Awalnya kirain ini cerita komedi ujung-ujungnya agak nyesek... coba kalau ceritanya mellow abis pasti sy udah sesenggukan... jd inget dg kisah sy yg sempat ngalamin hal serupa... dilarang2 trus sama tp pd akhirnya saya sdr larangan mama itu untuk kebaikan anaknya semata-mata... krn dia sngat syg sm buah hatinya... akh... ak jd terharu:') mama memang malaikat tak bersayap

    BalasHapus
  12. kirain juga komedi....ternyata mengandung unsur melankolis...
    keren bener ban...ak ketebak arahnya diawal..

    ditengah baru kelihatan alurnya...

    pagi pagi sarapan cerita sendu

    BalasHapus
  13. wah, messagenya bagus kakakkk...bagus juga udah mau nulis cerpen kayak gini. cuman ini..kurang nendang jadi kayak baca artikel biasa aja gitu...hehehe..ato mungkin karena nggak pake sudut pandang orang pertama kali ya...kalo pake aku dan diksinya bisa ditonjolin dikit mungkin bisa lebih bagus..but good try, then...cuman maksutnya yang terakhir mau nyusul tuh Danang mau bunuh diri abis ini, mana pake senyum segala..aku jadi takuuuuut @.@

    BalasHapus
  14. Finally aku bisa mampir ke sini juga ya... Cerita tentang mama nggak akan pernah habis. Buktinya karena terinspirasi dari mama aku bisa bikin 1 cerpen yang lolos antologi. Yeee seneng! *oot *biarin :p

    Ceritanya udah asik, pesannya dapet banget, but... bener yang Kak Mey bilang. Kurang nendang. Tapi kalo menurutku PoV orang ketiga gak masalah. Yang penting kamu bisa mengolah kata-kata dan diksinya jadi pas. Jadi, belajar lebih rajin lagi buat cerpen Ri biar terbiasa dan cerpennya nendang-nendang semua sampe sakit badan karena ditentangin cerpen kamu-_-

    Good job! Eh btw aku tetep netesin air mata loh di ending. Hahahah

    BalasHapus
  15. Gila, cerpen yang endingnya bikin mewek tapi di tengah-tengah bikin mau ngelempar laptop rasanya. Keren Ri!

    BalasHapus
  16. pertamanya udah keren,lucu..
    endingnya malah bikin sedih, kan jadi nangis

    BalasHapus
  17. Bise aje bikin cerpen komedi dengan pesan moral.
    Dari awal baca, kirain full komedi, ternyata ada pesan-pesan di balik ke-somplak-an ini :))

    BalasHapus
  18. Huh.

    Awalnya buat gue ketawa, ngakak, tapi akhirnya malah jadi mellow gak jelas. Gue sebagai anak kos palingan sering ditelfon sama orang tua, ditanyain lagi dimana, jangan malam2 pulang. Selagi masih ada orang tua, keknya gue masih ada yang merhatiin.

    Jadi, sayangi orang tua mu selagi masih ada.

    BalasHapus
  19. ah ri nyesek banget, ngingetin ke almarhum nyokap aja :'(

    selagi masih ada berbuat baik sma mreka. klo udh gada g enk bnget rasanyaaa.

    bagus ni cerpenny. ada pesan moral yg bisa diambil. lanjut ri.

    BalasHapus
  20. danaaaaaang kenapa atuh di awal cerita bikin ngakak pas akhirnya bikin nyesek?? hha
    ceritanya keren kamu kreatif :)

    BalasHapus
  21. Duh. Tiep baca postingan tentang ibu bawaannya cepet tersentuh deh. Awalnya ngakak eh makin kesini jadi sedih. Anyway, baru pertama kali main kesini nih. Salam kenal ya. :)

    BalasHapus
  22. ceritanya bagus sekali, sebaiknya tidak peduli kata orang, mau dikatain anak mami atau apalah. Ibu kita tetap orang yang melahirkan kita, tentunya ibu selalu memberikan dan membuat pilihan yang baik untuk anaknya. Saran saya, ceritanya udah bagus, tapi sebaiknya kata nyokap sama bokap diganti aja, jadi Ayah dan Ibu, atau Papa dan Mama, soalnya nyokap sama bokap nggak enak dibacanya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.