Ini Duniaku Mana Duniamu

Setiap orang pasti memiliki dunia masing-masing. Dunia disini bisa dikatakan sebuah bakat yang ada pada diri sendiri dan mencoba lebih masuk ke dalam dunia tersebut.


Mencari dunia pada diri sendiri itu emang mudah, salah satu contoh : kamu bakatnya pada olahraga sepakbola. Setiap hari isi pikiran kamu bola bola dan bolaa. Sampai-sampai bola menjadi bantal ketika kamu tidur. Tetapi itu hanya bakat kamu, kamu masih belum mampu untuk masuk ke dalam skuad TIMNAS Indonesia. Ingat kamu bukan tidak bisa, hanya kamu belum mampu.
Tidak bisa dan belum mampu itu berbeda. Tidak bisa berarti dalam diri kalian sendiri yang sudah menyerah dari awal, tapi kalo belum mampu berarti kamu akan BISA di waktu yang akan datang.

Untuk masuk ke dunia tersebut tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Bahkan, tidak banyak orang yang masuk ke dunia baru yang bukan bakatnya dari awal atau bisa disebut masuk ke dunia baru.


Yaps, disini saya akan sedikit bercerita tentang perjalanan saya dan teman-teman saya dalam mencari dunia masing-masing yaitu mencari jurusan kuliah yang benar-benar dunia kami.

Percaya atau tidak, ada segelintir orang yang setelah tamat sekolah ia masuk ke dunia baru.

Contoh pada beberapa teman saya SMA, waktu penjurusan di ketika SMA ia masuk di kelas IPA. Belajar IPA ketika SMA, tapi ketika kuliah ia masuk pada jurusan manajemen, akuntansi, administrasi negara, dll.
Tidak terkecuali pada anak-anak IPS. Ketika SMA ia bergelut dengan pembelajaran IPS, tapi ketika masuk kuliah ia masuk pada jurusan teknik yang mayoritas dominan isinya anak-anak IPA.

Mengapa ada orang yang seperti itu? Mungkin ketika penjurusan SMA ia salah masuk, bahkan mungkin juga mereka ada yang 'gengsi' masuk kelas IPS. Ada juga yang belum berhasil dalam masuk jurusan yang ia minati ketika tes masuk PTN.

Tidak ada salahnya kalau ada yang seperti itu. Itu berarti mereka akan masuk ke dunia baru yang benar-benar mereka mulai dari awal.
Jangan salah, masuk dunia baru bukan petaka bagi kita. Asal kita benar-benar mau masuk ke dunia baru tersebut kita bisa sukses dari sebelumnya. Buktikan kalau kalian bisa mulai dari awal. "FROM ZERO TO HERO!!!"

Beberapa teman saya juga ada yang masuk ke dunia mereka.
Misalnya beberapa sahabat saya, namanya Kresna Dewa Bayu , M. Ridho Mubarak dan Muhsin Aziz

Bayu, seorang sahabat saya yang tidak sengaja saya temui di toilet ketika saya SMP. Sifatnya yang humoris, agresif, dan gila. Meski terkadang ia sering mementingkan pacarnya dibanding sahabatnya sendiri, kami tetap bersahabat hingga sekarang *tiba-tiba meneteskan air mata*. Dalam pencarian kuliahnya ia bisa dikatakan enak, karena sudah masuk ke Politeknik Sriwijaya pada jalur undangan jurusan Teknik Komputer. Pada SBMPTN ia lulus di Unila jurusan Hubungan Internasional, namun ia tidak mengambilnya. Kata dia, "Hidup adalah pilihan". So, ia lebih memilih jurusan komputer karena ia merasa itu dunia pada diri dia.

Ridho, seorang sahabat yang baru saya temui ketika menjelang akhir sekolah. Pertemuan kami simple, ketika saya sedang sibuk membuat film dokumenter perpisahan di sekolah, ia beberapa hari menemani saya hingga malam. Padahal dia awalnya tidak masuk dalam anggota, sedangkan yang benar-benar anggota tidak ada menemani saya. Dia juga pernah terpilih sebagai ketua osis di sekolah. Sehingga sosok pemimpin dan rasa tanggung jawab telah tertanam pada dirinya.  Dalam perjalanan mencari kuliahnya ia berbeda dengan bayu, ia sedikit terpontang-panting. Pada jalur undangan PTN ia gagal. Jalur undangan PTAIN dia pun lagi-lagi gagal. Dia pernah juga tes ke Jogja, namun ia gagal masuk ke jurusan yang ia minati, ia hanya masuk jurusan ilmu pemerintahan. Ia sempat putus asa, namun rasa semangat yang ada pada dirinya berhasil mengalahkan rasa putus asa tersebut. Hingga pada suatu saat, saya mendapat sms dari Ridho yang isinya "Kiii, saya luluus FAKULTAS KEDOKTERAN Universitas Muhammadiyah Palembang peringkat 2 murni! !"
Yaaa, ia berhasil masuk ke dunia nya, ia masuk fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang dengan murni! Alhamdulillah berarti nanti saya berobat gratis #eh

Muhsin, sahabat sebangku saya ketika kelas XI dan XII. Ia selalu menunjukkan jalan kebenaran untuk saya ketika saya ingin minggat dari sekolah. Ini orang bagaikan hati malaikat. Kalau nggak ada dia mungkin saya sering bolos dari sekolah. Dalam perjalanan mencari kuliahnya, kali ini dia benar-benar di uji oleh Allah SWT. Ia gagal ketika jalur undangan, ia pun gagal ketika jalur tertulis. Namun ia tetap semangat. Tujuannya simple, dunia yang ia mau bahkan jarang dituju oleh orang lain. Yaitu jurusan Pendidikan Luar Biasa. Meski terkadang dianggap sebelah mata, namun itu sangat berjasa. Hingga sekarang ia masih mencari dunia nya. Semoga suatu saat ia lulus pada minatnya dan ia masuk pada dunia dia.

Itu tentang orang sekitar saya. Bagaimana dengan saya?
Untuk mencari dunia saya, saya perlu berpikir berkali-kali. Seperti yang pernah saya ceritakan DISINI !!!
Tidak mudah saya mencari dunia saya.
Awalnya saya sudah lulus di Telkom jurusan Desain Komunikasi Visual dan Politeknik Sriwijaya jurusan Administrasi Bisnis.
Namun setelah berpikir panjang sepanjang jagad raya khatulistiwa, akhirnya saya mendapatkan jawaban akhir dari pencarian dunia saya.
Saya sempat bertanya-tanya dengan kakak sepupu saya Gustaf Ardana, dia memberikan masukan dan saran kepada saya.
Akhirnya saya memilih masuk Telkom Bandung jurusan Desain Komunikasi Visual di banding Politeknik Sriwijaya.
Alasan saya mengambil disana karena saya merasa itu dunia saya. Saya suka pelajaran teknologi informasi dan komunikasi, terlebih lagi saya menyukai bagian desain. Maka dari itu saya mengambil Telkom Bandung.
Setelah berdiskusi dengan orang tua tentang keputusan saya, Alhamdulillah orang tua saya mengizini saya. Ia dapat mengerti saya.
Sekarang keputusan sudah saya ambil dan saya akan tanggung jawab dengan keputusan saya ini. Dengan keputusan ini otomatis saya akan berpindah tempat dari kota pempek menuju kota sate.

Sebuah keputusan yang akan saya hadapi di hari kedepan dan akan saya buktikan suatu saat nanti!

55 komentar

Eh ky, kita seumuran loh, sama-sama dari palembang lagi. haha
jadi elo masuk mana ? gue sih udah keterima di UNSRI jalur undangan kemaren , ,hahaha

Reply

baru masuk kuliah bang?? anak baru nih, smngat bang, kuliah bukan cuma di mulut ajah tapi kita jalanin..

Reply

Wah, kayak aku tuh SMA-nya IPA, kuliahnya akuntansi. -_-

Reply

weh.. seletingan dong, sama-sama baru mau kuliah,, :)

Reply

wah temen mu si muhsin mantap kali....... ambil jurusan itu, g ada yg mau ambil itu pastinya

Reply

wah gue udah agak tua kayaknya disini, gue baru aja sidang HAHAHA
atas gue sama tuh, SMA nya IPA, kuliahnya Akuntansi :))

Reply

Semoga sukses meraih mimpinya ya, kalian. Temen saya juga ada dari pendidikan Farmasi pindah ke Pendidikan Luar Biasa. Yang penting mah,percaya pada mimpi saja. Lalu wujudkan:)

Reply

Alhamdulillah lah udah ketemu t4 kuliah yg diminati. Jalanilah denga sungguh2.
Adekku belum nih.. Masih lontang lantung nyari kampus.. Ikut snmptn g lulus, sbmptn g llss juga.. Jd sedih aku pas baca post ini, inget adekku

Reply

Saya pernah pindah kuliah gara-gara ga cocok sama saya, trus pas kuliah lagi gak cocok lagi kayaknya, tapi seiring waktu berjalan Alhamdulillah gak ada masalah, karena buat saya belajar itu gak harus yang kita bisa dan kita suka, jalani aja... ikhlas...
Sukses buatmu yaaaa...

Reply

iya kayak aku juga, dari IPA kuliahnya jadi bahasa Inggris gini..hahaha...semangat kuliah dan hope you can find out what you are seeking for yaaa :D

Reply

wah ternyata ada grup BE dari palembang haha
saya masuk telkom bro hehe

Reply

iya bang, semangat haha

Reply

wah berarti masuk dunia baru kmrin mbak. tapi mantep mbaknya masuk STAN :)

Reply

ternyata kita sama haha, udah dapet kuliahnya?

Reply

ternyata bnyak juga yg ambil jurusan itu bang, buktinya sampe skrg muhsin masih berusaha buat dapetin jurusan itu

Reply

masuk dunia baru dong bro :)

Reply

iya, setiap orang pasti punya mimpi. asal ada usaha mimpi itu pasti bisa diwujudkan hhaha :D

Reply

iya alhamdulillah mbak :)
wah kasih semangat buat adeknya mbak, semoga adeknya cepet dapet nemuin dunianya ya :)

Reply

2 kali pindah? :o
oke makasih mbak, sukses juga ya :)

Reply

itu ada juga di atas yang kayak mbak :D
yes, i can do it :p

Reply

Semoga sukses dengan duniamu bro...

Reply

ciee yg maba ciee yg mau diospek ciee
enak ya bisa masuk sesuai bakatnya, saya mah melenceng dari komunikasi jadi bahasa Inggris hiks. tapi ya diterima aja deh udah jalan takdirnya :D semangat ospek ya dek hahaha

Reply

asikkkk nya semuanya. semoga semuanya sukses..

dan tahun depan giliran gue yang bakal nyari dunia baru....
wihhh kece masuk DKV. gue mau ngambil jurusan itu juga loh. tapi UGM. kira2 lolos gak ya -_____- bantu doa yaaa wkwkwk

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

sukses kii haha foto nya lucu kiii , entar editin foto aku ya lagi d laboratorium serta alat alat praktikum anak farmasi hahah

Reply

siap, saya semangat ngadepin ospek \m/ *pingsan*

Reply

widih master desain dateng hahaa..
bisa yam, lo bisa lolos UGM, semangat aje deh masih ada wktu buat lo siapin semuanya hehhe

Reply

yoi rin, sukses juga yaa.
waduh, itu editan masih amatiran -_-

Reply

gue banget tuh, pas SMA Ipa, pas kuliah hukum...hehehe

bener tuh, kalo udah lepas dari bangku sekolah, kita emang bener2 harus nyari dunia masing2...gak boleh ikut-ikutan...nanti bakal nyesek ujung2nya..

Reply

minum ekstra jus bang biar cemangat....

Reply

Wah temen2 elo keren ya ...
Salut gue, emang perjuangan nyari kampus yang mau ngerti kita kadang gak mudah,
Sodara gue mau jadi calon guru SD aja daftar kuliah 8 kali ditolak mulu..
Tahun depan nyoba baru tembus..

Dan perjuangan selanjutnya, setelah kalian ngerasain kuliah di jurusan yang kalian pilih itu..
Gudlak!

Reply

Semangat bang, ketahuan kalo ini baru masuk kuliah. Baru masuk kuliah emang semangatnya menggebu-gebu, paling cuma bertahan beberapa semester, semester selanjutnya ya liat aja entar..
Tapi gue yakin lo gak kayak gitu bang, lo pasti bisa, bisa lebih dari itu, lebih runyam. Hahah

Reply

o gitu..... wah jurusan gue waktu kuliah dulu sulit enggak ya skg, teknik mesin. soalnya gue dulu termasuk siswa bego . . tapi lolos jg smbptn

Reply

Semangat ya.. perjuangan harus keras!!
usaha keras tak akan mengkhianati

Reply

semangat ya bang, gue akan tiru semangat lo dan teman2 lo di tahun depan, semoga gue juga bisa ktrima di jurusan TI di PTN favorit. .

Eh ya, gambar pertama lo mengingatkan ama pelajaran BK pada saat gue klas 2 MA.

Reply

jadi kita seumuran ya? bedanya gue masih pake seragam :D (resiko program sekolah 4 tahun )

Reply

wah pasti maba ya? hahaha
ayo ayo semangat, jalan masih panjang XD

Reply

hehe... udah sih, alhamdulilah dapet PTN juga, kamu gimana? udah dapat kuliahny?

Reply

saya masuk IPS kakak..baru naik kelas 2,saya suka menghapal...bahasa inggris lumayan...saya ntar kuliah mau masuk jur akuntansi..tapi masi ragu dengan peluang kerjanya...mohon bimbingannya kakak

Reply

laki fearless minum extra jus kwkwk

Reply

alhamdulillah udah dpet ;)

Reply

klo lo lulus kek gitu, brrti lo gak sepenuhnya bego bro hhaha

Reply

iya bang, masalah mencari dunia itu ada pada diri masing-masing.

Reply

saya keren? makasih bang edotz :3
intinya gak ada yg gak bisa kalo kita berusaha.
mkasih bang ;)

Reply

doain aja gak kek lo bang :3
saya smgt bang baca kata-kata lo, tapi akhirnyaaa... -_-
wkwkwkk

Reply

apa mungkin kita barengan juga waktu lahir? wkwk :D
ayo pikirn nanti mau kerja, kuliah, ato kawiin ahhahaha

Reply

iya hehe
semangat selalu ini xD

Reply

yang pertama dan paling utama lihat bakat pada diri kamu ada dimana. Cari info tentang kuliah tujuan kamu dari skrg, liat prospek kedepannya sesuai gak dengan bakat kamu.

Masalah peluang kerja dan rejeki kedepannya itu Tuhan udah ngatur. Sekarang tinggal usaha dari kamu aja :3

Reply

ciye yang baru mau masuk kuliah. jurusan ipa kuliah akuntansi, gak masalah \o/~
aaaaa jadi pengen buru-buru masuk kuliah jugak~

Reply

lu kuliah di telkom jurusan dkv? gue waktu itu pernah mau nyari disana gak jadi gara2 kejauhan .___. padahal pingin. smk juga dkv karna gue suka desain. eh kuliah nyasar ke arsitek. pernah terpikir gue salah jurusan. ya tp gue ttep berusaha nikmatin dan prioritasin ini
goodluck buat kuliahnya. setaun lo kuliah pasti ini blog bakal lebih cetar dengan desain2 lo hhehehe

Reply

ayo ayo kuliah hahha :D

Reply

Iya bang, telkom jurusan dkv hehe.
widiih semoga aja bang.
makasih ya, saya mau belajar desain dengan lo juga bang. deasin lo keren" :D

Reply

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan bijak. Terimakasih telah membaca :)