UN Momok Menakutkan

Terhitung sejak saya menulis posting ini, sekitar 5 hari lagi atau 120 jam lagi atau 7.200 menit lagi atau 432.000 detik lagi UJIAN NASIONAL akan saya hadapi.
Siap atau gak siap soal-soal ujian akan ada didepan mata saya.

Semakin dekat waktu ujian, semakin bertambah rasa cemas dibenak saya. Bagaimana tidak, soal mateMATIka saja hanya beberapa yang saya mengerti. Bagaimana dengan soal UN nanti?
SMA ini saya masuk di kelas IPS. Mata pelajaran yang akan saya hadapi nanti ialah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi.

UN nanti beda dengan tahun-tahun sebelumnya. 20 PAKET SOAL beserta 10 PAKET SOAL CADANGAN yang semuanya berbeda, apalagi kode soalnya menggunakan barcode yang gak bisa dilihat dengan mata telanjang. Kenapa harus ditahun ini sistem UN seperti ituuuuuuu???? -____-



Setiap mendengar kata UN pun tiba-tiba rasa galau melanda dalam pikiranku. Tuhan tolong hambamuuu -_-

Rasa takut semakin menjadi-jadi saat banyak guru mengatakan bahwa akan banyak anak yang tidak lulus jika kami selalu tidak serius belajar. Guru-guru disekolah juga sudah bingung mau ngebantu kami gimana lagi. Mau dinasihati tapi banyak diantara kami yang masih acuh tak acuh dengan UN.
Sudah menjadi rahasia umum, jika setiap UN sejumlah sekolah terang-terangan memberikan kunci jawaban kepada peserta UN. Mungkin itu yang membuat sebagian murid acuh terhadap UN.
Tapi tahun ini BERBEDA, kesempatan itu sangat kecil dan tidak bisa diharapkan karna sistem UN yang semakin sulit.
Guru-guru cuma bisa berdoa buat kami dan selalu memotivasi kami untuk terus belajar serta meminta kami supaya tidak terlalu mengharapkan suatu "keajaiban" datang waktu mejawab soal UN nanti.


Saya akui 1 minggu ini saya baru rajin belajar, rajin membahas soal, serta meminta teman saya yang bisa ngebantu saya menyelesaikan soal yang saya kurang mengerti. Dengan seperti itu saya akhirnya mengerti dan dapat menyelesaikan soal itu. Berbagai mata pelajaran UN juga sudah menjadi makanan seharian saya akhir-akhir ini.
Teman saya dikelas pernah berteriak "Ya Allah coba dari dulu saya rajin belajar"......
Saya coba cerna apa yang ia katakan. EMANG BENAR, coba dari kelas 1 atau kelas 2 saya udah sadar buat rajin belajar, jadi saya udah siap buat ngadepin UN, gak kayak sekarang saya banting otak buat belajar.

Emang benar penyesalan selalu datang terakhir kali, dan saya tidak mempunyai mesin waktu buat kembali ke masa lalu *galau lagi*

Saran saya buat teman-teman yang masih kelas 1 atau 2 SMA, kalian jangan malas-malas buat belajar. Jangan baru akhir kelas 3 kalian baru rajin buat belajarnya. Itu nambah ngebuat kamu bingung buat ngedalemin pelajaran apa yang kurang kalian ngerti. Itu yang saya alami kok -_-

Yang udah tamat SMA atau pernah ngalamin kayak saya, bantu saya dan kasih tips gimana cara supaya saya kagak takut/cemas lagi buat ngadepin UN yang tinggal beberapa hari lagi -_-
Mungkin ini akan selalu saya rasakan sampai pengumuman UN nanti.

Sekarang saya cuma bisa belajar dan berdoa supaya dipermudah oleh Allah. Semoga deh pas hari H nanti saya sudah siap 100% buat ngadepin UN.

Amin.

Saya pernah dengar kata-kata yang kayak gini
"Hidup itu bukan sebuah novel. Hadapi dengan realita yang ada, tanpa berandai-andai"
So, apapun yang terjadi harus tetap saya hadapi. Tidak selalu berandai agar sistem UN nya dipermudah atau gimana lah. Toh, kalau mau terus dibayangin kayak gitu juga gak bakal selesai. UN udah didepan mata.
Tidak ada yang tidak bisa jika kita berusaha

IF YOU BELIEVE? YOU CAN DO IT !


25 komentar

santai bro, jangan sampe lu berak di kelas pas lagi ngerjain UN. berdo'a dan jangan lupa belajar.. sebagai mantan anak SMA geu doain semoga lu lulus deh

Reply

sabar aja, percaya diri aja kalo yang dijawab itu benar dan banyakin berdoa sama Tuhan biar dipermudah menghadapin UN-nya. Semoga sukses.. Un gak seseram itu.

Reply

Yang paling utama berdoa. Udah itu belajarnya lebih rajin. Serius tapi santai. UN nggak terlalu seram kok sebenarnya. Semangat ujian :))

Reply

datang ke Eyang Subur aj.. biar bisa Lulus dengan selamat/..

kakakakakaa

Reply

Jangan takut.... Tarik nafas dalam-dalam.... Hembuskan....
Bedoa dan yakin... You can do it...

Sukses yaaa...

Reply

pertama tama berdoa dulu. terus kerjain soal yang gampang dulu. nah kalo udah selesai pede aja sama jawaban sendiri :D

santai aja nggak usah dibawa stres. oke ;)
UN nggak seseram kuntilanak kok. percaya deh

Reply

moga sukses aja deh UNnya.... UN mah kudu dijalani. diliat n dipikirkan aja mah mana mungkin....

Reply

un memang terlihat menakutkan..
Tp kalo dipikirkan malah nanti jd ga fokus k.pelajarannya..santai aja...
Anggap aj seperti ujian pd umum.x..

Selamat mghdpi un ya..smg lulus...
Pacarin tuh soal2 un.x, saling mengerti dan saling memahami... *ehh

Reply

Kalo UN D'hapus aja gimana ?? Setuju nggak broohh ?? :D

Reply

Wah masih SMA ya...pasti bisalah..walau pun sistemnya beda, yang penting belajar sungguh sungguh berdoa sungguh sungguh pasti dikasih kelancaran sama Tuhan.:)
SEMANGAT!!!!!

Reply

hahhaha, amin bro mkasih :D

Reply

perasaan sekarang aja mungkin bang -_- maksih ya bang :)

Reply

eyang subur mana eyang subur wkwk

Reply

yeah, i believe i can do it !

Reply

okedeeh, bakal saya hadepin hehe

Reply

ini saya lagi kasmaran dengan soal", saya juga udah nyoba ngertiin dia. tapi sayangnya dia susah dipahami wkkk :D

Reply

man jadda wa jadda :)

Reply

Cemmungudh broh....
BE mendukungmu nak....

Reply

semangat bro... un pasti berlalu, kayak badai pasti berlalu... harus yakin bisa ngerjain soal, dan bisa lulus un

Reply

Kalo persiapan udah mantap, pasti UN entar sukses.
Semangat yah brow..

Reply

selamat UN ya...
semoga sukses un nya

Reply

UN nggak hanya soal nilai. Kamu bisa jadi apa yang kamu mau bahkan saat gagal UN sekalipun.
Dimulai dari niat, doa dan kerja keras aja Ky. Tuhan beserta takdirnya biar ngurus yang lain. Yok semangat!

Reply

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan bijak. Terimakasih telah membaca :)