Kacang Lupa Kulit?



Kali ini saya akan sedikit bercerita dengan perilaku manusia yang datang kepada Allah SWT pada saat dia butuh.
Sebut saja Andi. Dia seorang pengusaha sukses dan mempunyai harta yang banyak. Ditengah kesibukannya, ia tidak dapat meluangkan waktunya untuk mengerjakan shalat. Ia selalu sibuk dengan pekerjaannya. Suatu ketika, segerombolan pencuri memasuki rumahnya yang penghuninya sedang pergi semua. Sehingga harta-harta Andi hilang dan kerugiannya mencapai 500 juta. Karena kejadian itu Andi baru teringat kepada Allah SWT dan ia meminta pertolongan kepada-Nya.
Namun, yang menjadi pertanyaan sekarang “Kenapa ketika diposisi susah kita baru datang kepada Allah SWT ?”
Kebanyakan manusia datang kepada Allah SWT pada saat butuhnya saja. Ketika sedang hidup bahagia, rezeki banyak, ia seakan lupa kepada Allah SWT. Tetapi, ketika hidupnya sedang tertimpa musibah. Ia datang kepada Allah memohon pertolongan.
         Gak usah jauh-jauh deh, dalam pertemanan juga masih ada kayak gitu. Terkadang ada teman kita yang waktu lagi butuh pertolongan dia minta bantuan sama kita. Awalnya dia cuma deket-deket lagi dengan kita. Ternyata ada udang di balik batu, ia meminta kita buat ngebantu dia. Karena teman jadi kita ngerasa gak enak sama dia, yaudah kita bantuin. Tapi, setelah kita ngebantu dia dan masalahnya udah selesai kita jadi korbannya. Kita dilupain gitu aja sama dia. Dia pergi ntah kemana, kalo ketemu dia nya kayak biasa aja. Bukannya kita gak ikhlas ngebantu dia, tapi caranya itu yang salah. Udah enak malah pergi. Oalaaah, itu mah sama kayak peribahasa  “kacang lupa kulit”.
          Kita aja masih kesal kalo ketemu dengan teman yang kacang lupa kulit, Bagaimana dengan Allah SWT kalo kita perlakuin juga kayak gitu?
       Ya Alhamdulillah kalau emang kita dapat berubah dan tidak mengulangi kesalahan sebelumnya. Tapi, jika kita mengulanginya kembali dan lupa kembali kepada Allah SWT. Apakah Allah SWT akan diam saja? Waallahualam

30 komentar

bner banget, itu sifat manusia banget
ketika penyesalan datang, jalan terakhir selalu ke Allah
yang jadi pertanyaan kenapa harus dijalan dan pilihan terakhir baru dateng ke Allah. hmmm
harus direnungkan ;)

Reply

iya ni bang, kadang bingung dengan pikiran orang yg kyak gitu. Temen kita yg dteng sama kita wktu butuh aja kita kadang kesal. Gimana dengan Tuhan klo kita gituin jga? -__-
Oh iya mksih bang sarannnya kemarin. Semakin berenergi gue bikin blog ;)

Reply

Tabiat manusia adalah mengingat-Nya disaat sulit menghimpit.. Kita sering lupa saat bahagia, senang dan berkecukupan.. Sekedar bersyukur pun tak mampu dilakukan. Sungguh, Maha Besar Allah yang menyayangi dan memberi kesempatan bertaubat untuk hamba-hamba-Nya yang selalu mengulang kesalahan. :') Semoga kita semua diberikan hidayah-Nya. Amin Ya Rabb.

Reply

Yaampun, jleb bgt nih tulisan :')
makasih yaa dek udh ngingetin kita. smg kita bisa evaluasi diri.
dan lebih baik lagi setiap harinya..

Reply

tulisan yang bagus sob, manusia memang seperti itu kebanyakan..aku juga kadang2 kayak gitu, tiba lagi butuh baru gencar beribadahnya..na'udzubillah deh..
semoga kita dan semua yang baca tulisan ini bisa sadar :)
makasi udah mengingatkan ,,hehe

Reply

Untung aja deh saya bukan kacangnya.. Hehe manusia emang gt selagi sukses lupa de ma yg diatas selagi bangkrut nyebut2. Mungkin kalo didunia ini adanya orang miskin smua mungkin malah damai ya.

Reply

ya Allah, saya juga sering gtu, apalagi kalau sakit, pasti bnyak doa, kalau sehat, sedikit.
hhmm tapi kalau begitu terus pasti ada balasan dari Allah SWT, astaghfirullah :(

Reply

makasih ya udah menyadarkan..
aku juga sering gitu... -__-

kalo lagi butuh.. baru ingat sama yg di atas..

Reply

seperti itulah manusia... gak kaget, soalnya aku juga seperti itu.
thanks udah mengingatkan ya...

Reply

itulah cara Allah SWT mengingatkan manusia padaNYA :(

supaya apa ? supaya manusia nggak lalai dengan kewajibannya sebagai hamba Allah

Reply

Tetap bersyukur bagaimanapun cara Allah menegur '
kita semua. Tetap tawakal dan bersyukur atas anugerah dari-Nya.

Jzk, ilmunya:))

Reply

iya mbak sama-sama, saling intropeksi diri aja mbak biar lebih baik buat kedepannya :)

Reply

thanks sob :)
kita sesama manusia emang harus saling mengingatkan :)

Reply

klo jdi kacang mah udah dimakan :D
iya, semoga aja deh kita gak pernah lupa sama yang diatas :)

Reply

Saya juga masih gitu kok, semoga kita semua slalu ingat sama Allah SWT. :)

Reply

aku juga masih gitu -_-
sesama manusia emang harus saling mengingatkan :)

Reply

seperti itu la manusia pada umumnya. termasuk saya -_-
iya sama-sama :)

Reply

iya tpi kalau Allah udah mengingatkan kita, trus kita masih gitu-gitu aja kan malu juga sama Allah -__-

Reply

iya kita harus slalu bersyukur dengan apa yang diberikan oleh Allah, tidak lupa juga kita slalu mengingat-Nya :)

Reply

postingannya sangat bermanfaat, mengingatkan aku juga akan kebesaran Allah SWT
memang kadang seperti itu manusia, kalau lagi di atas angin sering lupa sama Allah, giliran terpuruk langsung berdoa sama Allah
smg kita diberi kekuatan utk selalu bersyukur ya aminnn

Reply

Tiap orang beda sob, tetap bersyukur...kalo ada yang kesulitan minta ke Alloh. Nah kalo ke dukun, paranormal, orang pinter....malah syirik tuh he he

Reply

Yaa Allah,, maafin saya..
:'(
masih sering banget kaya gitu.
kalo udah seneng curhatnya ke orang lain, tapi giliran susah Allah jadi pilihan...

Reply

Manusia memang kayak gitu..
Gak heran kalo kita dikasih musibah, itu cara اللّهُ untuk mengingatkan kita :)

Reply

sifat manusia memang seperti itu, kita juga nggak bisa memungkiri hal itu. tapi semua kembali ke diri kita, jangan samapai kita lupa sama Yang Diatas pas susah dan seneng

Reply

Betul banget, banyak kasus yang kayak gini.
Giliran ada maunya dia datang, kalo udah gak ada urusan diajak ini-itu susahnya minta ampun.
Semoga manusia-manusia yang kayak gitu berkurang, sifatnya maksudnya.. :)

Reply

Dan, kenyataannya penyesalan itu selalu jadi sumber belajar paling ampuh. manusia walau dinasehati bagaimanapun, klo belu merasakan sendiri kesulitan dan merasakan penyesalan, akan selalu diulangi dan diulangi kembali..

Reply

nah, bener tuh. kalau lagi susah aja. shalat setiap hari...

Reply

saat itulah lu disuruh belajar ikhlas bang :)

Reply

ya gak apa lah kalo lupa kulit, yg penting gak lupa sahabat! xD

Reply

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan bijak. Terimakasih telah membaca :)